Jumat, 26 Desember 2008

Santa Claus Is Coming To Town

Sebenernya ni postingan dari blogq yang kemaren2...
lumayan buat referensi tambahan (bilang aj lu males nulis, kikikiki)...

begini ni kisahnya..

Sehari sebelum Natal, malemnya aq agak mimpi aneh….
Bukan agak lg seh, tp mang bener2 aneh…
Masa waktu ntu aq mimpi nemenin presiden bush di suatu penginepan gt?? (beneran, kagak ada rekayasa)
Dan ga nyambungnya lg, tiba2 di mimpiq bisa ada alanis morissette (noh kan ngayal banget, dy lg eyel2an ma si bush)…

Terkadang mimpi itu emang abstrak kq (yg mimpi jg wajahnya abstrak)….
Bau2nya ga jelas gt…
Andaikan Yusuf masih hidup, pasti bs nafsirin mimpiq….
Tp klu aq tafsirin sendiri seh kayanya aq bakal jd org penting di amrik sono (haaaiiiizzzzz)

Lanjut bu…
Kemaren kan uda ngrayain Christmas niy… kebanyakan dr qt pasti g sabar dgn suasana natal yg rame, khidmat, n bs kumpul2 bareng keluarga gt…

Tiap kamu pasti pny tradisi natal ndiri2 kan di keluarga kamu…
Klu di keluarga aq seh simple bgt, paling2 cuman ke gereja bis it dilanjut makan2 (klu lg g beres seh biasanya kita nyemil pernik2 pohon natal =P)

Ternyata tradisi natal di tiap2 Negara it berbeda2 lhow , niy contohnya :

Jamaika
Di Jamaika ntu kagak afdol klo natalan ga ada kue yang satu ni, namanya Jamaican Christmas Fruit Cake. Kue ni wujudnya gelap n spongy gt, bahasa Spanyolnya kue gembos gt.

Inggris
Puding, plum dan pie adalah makanan khas yang disajiin pada waktu Natal di Inggris. As u know niy guys, ternyata kartu Natal pertama kali juga diciptakan di negara ini lhow.

Polandia
Yang ni agak unik, klo yang lain bahasnya makanan special di hari natal, klo di Polandia beda lagi. Di Polandia setiap malam Natal selalu disediakan sebuah kursi di meja makan untuk bayi Yesus. Hihihi…


Liberia
Di Liberia kebanyakan penduduknya ga ngrayain Natal, tapi di hari Natal biasanya mereka menghias rumah mereka dengan sebatang pohon palem yang dihiasi lonceng merah dan menyanyikan lagu Natal. (nah ntuw bukannya ngrayain mas?? Aneh….)


Iraq


Walopun lg bertikai, ternyata Negara ni juga pny tradisi lho tiap Natal tiba. Salah satu tradisi utama yg musti mereka lakuin adalah dengan berkumpul bersama keluarga sambil dengerin kisah2 Natal. And then seorang anak akan membacakan kisah Natal dari Alkitab sementara anggota keluarga yang lain memegang lilin-lilin. (yang muda yang berbicara, hidup demokrasi!!!)

Korea Klo di Negara ginseng ni beda lg. Tiap anak2 di sekolah akan bertukar kartu Natal dan mereka harus membalasnya tiap mereka mendapat kartu ntu. Meski ampe malempun mereka harus ngebales tuw kartu Natal. And uniknya niy tiap kartu Natal yang mereka kirim isinya berbeda semua, cz it merupakan ungkapan expresi n isi hati mereka (kartu natal pa surat cinta sech???)


Norwegia

Di Norwegia ni agak2 klise seh kaya negara2 laen. Tiap orang di Norwegia slalu memasang pohon cemara di ruang tamunya, and didekor dgn lampu2 putih, perada kertas, bendera Norwegia (????), serta ornamen2 Natal lainnya. Biz itu anak2 Norwegia bikin keranjang dari kertas yg berkilauan yg bisa diisi ama permen2 ato kacang (awas jerawatan lho dek…). Rantai2 berwarna-warni yg terbuat dr kertas popular bgt tiap Natal. As u know niy, pohon Natal populer di Norwegia pada abad 19. And awalnya berasal dari Jerman
Tambahan Info yang mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara :
Pada taon 1947 para ahli dari Inggris menerima pohon Natal dari Oslo (ibukota Norwegia) sebagai ungkapan rasa terima kasih mereka terhadap Britania yang memberikan tempat dan pekerjaan bagi orang Norwegia dari taon 1940 – 1945. Sejak ntu, kegiatan memberi pohon Natal jd agenda tahunan.


Perancis Pas malem Natal, para bocah2 di Perancis biasanya naruh sepatu mereka di depan perapian sambil berharap Santa Claus (Pere Noel) bakal menuhin sepatu mereka dengan berbagai hadiah (ud ga sopan naruh sepatu di atas, minta2 lg). Jamuan tengah malam di malam Natal adalah daging yang disebut "le reveillon". Reveillon brarti bangun, atau panggilan untuk hari pertama. Jadi reveillon adalah simbol kebangkitan spiritual dari arti kelahiran Yesus. Daging tersebut bisa terdiri dari tiram, sosis, arak, ham bakar, unggas panggang, salad, buah2an n kue tart. Di Perancis Selatan ada satu tradisi yang unik. Pie/Kue Daging Natal (pain calendeau) dipotong secara bersilang n dimakan hanya setelah bagian yg pertama diberikan ama orang yg miskin.


Yah, itulah beberapa tradisi natal yg biasa dilakuin di negara2 tertentu…

Lain ladang lain belalang…
Lain bank lain nasabah… (????)
Lain Negara
lain tradisi…
Tiap tradisi ga ada yg jelek maupun salah…


Ok2… Merry Christmas yah buat semuanya!!!!!
Moga2 natal taon ni membawa berkah buat saya dan keluarga saya…


Mercy yee....



Sumber yang membantu Mr.Mocca a.k.a Nico :
http://www.jamaicans.com/
http://pepak.sabda.org/pustaka/010216/
http://www.stavanger-web.com/jul/christma.htm

3 komentar:

  1. Wah, informatif Nic... Hohohohoho...

    Btw, aq kok bingung ya naruh gambar di tengah2 tulisan... Mesti siane di atas sendiri... Piye to?? Kamu kok isa naruh gambar2 bendera di tengah2 tulisan??

    Ditambahi tulisane, cerita2 ga penting ae lo gpp... Hiahiahia... Kayk blog-ku, gak penting kabeh isine...^^

    Jojo

    BalasHapus
  2. Huehehe.. udah pindah blogspot ya sekarang?? wkwkwkwkw

    BalasHapus
  3. Christine
    Hei..mr mocca
    I think ur blog is less colourfull..
    ayo ditambahi...Jia you

    BalasHapus