Jumat, 25 Desember 2009

Status Di Facebook Luna (Chapter 3)

pic. by : Johansen Halim
Sudah rahasia umum kalau Luna adalah primadona di SMA Pahlawan Bangsa. Cantik, pinter, aktif di sekolah, tajir, gaul, dan ramah, itulah Luna. Setiap Luna dan geng-nya yang dinamai Cuwit-Cuwit lewat, semua mata tertuju pada mereka. Entah mengapa geng mereka dinamai Cuwit-Cuwit.

Menurut filosofi Bokir, Cuwit bisa berarti Sweet yang artinya manis. Cuwit-Cuwit bisa jadi adalah cara untuk memanggil geng mereka dengan siulan genit (baca : suit-suit). Bokir yang paling demen ngikutin perjalanan hidup Cuwit-Cuwit tak lelahnya mengejar info-info yang berhubungan dengan mereka.

Sampai-sampai Bokir yang baru saja punya Facebook langsung berusaha mencari Facebook Cuwit-Cuwit, terutama Luna yang sudah lama Bokir taksir. Meski sudah di-ignore berulang kali, Bokir tak pernah patah arang. Mungkin jari telunjuk Luna sudah lelah untuk menekan ignore, akhirnya Luna meng-confirm Facebook Bokir yang di profpicnya memakai foto Christian Sugiono.

“Yes!! Gotcha!!!” teriak Bokir waktu di notificationnya ada tulisan Luna Cuwit-Cuwit and Bokir Sitohang are now friends.

Semenjak Bokir menjadi teman Luna di Facebook, Bokir jadi pelanggan setia di warnet sebelah rumahnya. Padahal sebelumnya Bokir pernah mendeklarasikan kalau dia bisa hidup tanpa teknologi.

“Ngutang lagi bang?” tanya penjaga warnet saat menyambut Bokir masuk ke ruang warnet.

“Weits, menghina banget lu. Kerja sana yang bener. Gue dateng ke sini buat bayar hutang gue plus mau bikin member di warnet lu,” ujar Bokir dengan nada angkuh. Penjaga warnet seolah-olah mendapat Kejutan Britama mendengar seorang Bokir mau membuat member di warnetnya.

“Bukan buat buka situs porno kan bang? Ga boleh lho, kata nenek berbahaya,” nasihat penjaga warnet polos.

“Buset dah! Gue kepret sekalian lu, cepet bikinin, nih duitnya,” bentak Bokir sambil nyodorin duit sebesar 25 ribu Rupiah.

“Nih bang kartunya, kartu ini berlaku selama 1 minggu, bisa diperpanjang masa berlakunya dengan isi ulang minimal 10 ribu. Khusus member kagak ada sistem ngutang ya bang, hehehe,” sindir penjaga warnet.
Bokir yang semakin gerah dengan sikap resek penjaga warnet langsung masuk ke ruangannya tanpa mengucapkan terima kasih.

Tanpa pakai lama lagi Bokir langsung membuka website Facebook dan segera mencari info-info tentang Luna. Sembari membuka profil Luna, tiba-tiba ada seseorang yang mengajak chatting. Ternyata Oddie juga kebetulan sedang online di rumahnya. Berikut percakapan mereka melalui chat di Facebook :

“Kir, lu kok bisa online? Lagi dimana?”

“Di warnet sebelah rumah gue. Gue uda jadi member nih. So, gue ngga perlu lagi repot-repot minjem internet lu, hehehehe,”

“Baguslah. Komputer gue sering hang pas lu pegang.”

“Lu menghina banget Od. Eh, ini gue lagi ngamatin Facebook Luna. Status dia sekarang lagi jalan-jalan ama Cuwit-Cuwit di Blok M, gue comment deh, hehehehe.”

“Tapi jangan norak-norak comment lu, tar ketahuan banget kalau lu terlalu caper ma dia.”

“Gue cuman comment : ‘Selamat bersenang-senang Luna, bang Bokir lagi di warnet ajah nih’”

“Kalau gue jadi Luna uda gue delete comment lu, hehehehe”

“Udah ah, gara-gara chatting ama lu gue jadi ngga konsen memantau bidadari gue, bye-bye sobat”

Bokir langsung melanjutkan kegiatan utamanya, yakni mengamati Luna melalui Facebooknya sambil sesekali Bokir memberikan comment di beberapa status Luna yang berjibun. Luna salah seorang pengguna BlackBerry, jadi ngga kaget kalau Luna sering banget update status. Tiba-tiba Bokir shock berat saat melihat relationship status Luna berubah di home page Bokir : Luna Cuwit-Cuwit from single is now in a relationship.

* * *
Keesokan harinya di kelas, Bokir murung melulu. Oddie yang duduk si sebelah Bokir jadi merasa harinya semakin suram. Saat istirahat, Bokir yang biasanya semangat menuju kantin sama sekali tidak beranjak dari tempat duduknya.

“Kir, muka lu rada demek hari ini, napa?” tanya Oddie.

“Bro, nih membernya buat lu. Gue uda ga nafsu lagi buka Facebook,” ujar Bokir sembari memberikan kartu membernya ke Oddie.

“Emang kenapa Kir? Bukannya lu kemarin semangat banget?” heran Oddie sambil tetep menerima kartu member Bokir.

“Luna uda punya pacar Od!!!” rengek Bokir.

“Kok lu tau? Memang lu liat sendiri?” tanya Oddie. Bokir yang hari itu bener-bener malas untuk ngomong cuman bisa geleng-geleng kayak orang tripping.

“Hmm. Jadi lu kemarin liat di relationship status dia yang berubah jadi in a relationship?”
Bokir yang tadi geleng-geleng, sekarang ngangguk-ngangguk. Oddie yang merasa iba bener-bener ngga tega melihat sohibnya patah hati.

“Kir, kita harus nyelidikin terlebih dahulu kebenaran relationship status Luna. Masa lu mau langsung percaya kalau ngga liat pake mata kepala lu sendiri?” nasihat Oddie bak Pangeran Cinta.

“Iya, terus rencana apa lagi yang ada di pikiran lu?” tanya Bokir pasrah. Oddie tersenyum bak iblis yang ingin menjebloskan manusia ke dalam limbah dosa.

“Kita jadi Paparazzi,” bisik Oddie.

* * * 

Semenjak ide menjadi Paparazzi itu, Oddie dan Bokir jadi sering ngamatin Facebook Luna.

“Buset, statusnya kenceng banget, per-jam selalu update,” celetuk Oddie. Tapi ada satu status Luna yang menyedot perhatian mereka. ‘Luna Cuwit Cuwit ketemuan dengan si dia di Pizza Hut jam 5 sore. Jadi ngga sabar. Syalalalala.’

“Wah, ini Kir. Ini nih yang perlu kita selidikin, sekarang jam berapa?” tanya Oddie.

“Jam setengah lima Od! Buruan kita berangkat sekarang, takut mereka keburu pergi!”

Mereka berdua berkemas-kemas dengan cepat dan segera menuju ke Pizza Hut di salah satu Mall Jakarta.
Selama perjalanan, Bokir yang paling ngga sabaran memburu-buru Oddie untuk mempercepat kecepatan motornya.

“Bentar. Lu kan tahu kalau motor gue mentok cuman ampe gigi 2. Mana ini macet lagi,” bentak Oddie.
Muka Bokir yang kelihatan makin resah sesekali melihat jam tangannya.

“Jam 5 lewat nih Od, moga aja dia ngga keburu pergi,” harap Bokir.

Tepat pukul 17.17 mereka sampai di Mall. Mereka langsung menuju Pizza Hut dan langsung duduk di salah satu spot yang sedapat mungkin tidak akan terlihat oleh Luna. Oddie yang langsung inisiatif melihat status Facebook Luna melalui handphonenya membawa berita segar di telinga Bokir.

“Tenang Kir, ternyata dia masih belum nyampe. Masih di jalan, nih statusnya : ‘Aduh, macet nih, takut telat, semoga si dia bakal sabar’” ujar Oddie.

Merasa ngga akan lama, mereka berdua di Pizza Hut hanya memesan Garlic Bread dan Ice Lemon Tea. Menunggu dan menunggu. Selama 1 setengah jam mereka menunggu Luna tak kunjung menampakkan batang hidungnya.

“Lu yakin Od dia masih di jalan? Coba liatin lagi statusnya,” pinta Bokir.

“Dia kagak ngeganti statusnya, lagi nyari parkir mungkin,” prediksi Oddie.

Semakin resah. Di samping keresahannya mereka dikejutkan oleh waiter Pizza Hut yang nganterin mereka Chicken Wings.

“Silakan, kalau ada yang dipesan bisa order lagi melalui saya, Aris,” jelas waiter Pizza Hut tersebut.

“Lho lho mas mas, kita ngga pesan apa-apa mas. Kita cuma pesan Garlic Bread ama Ice Lemon Tea ini aja,” bantah Oddie.

“Maaf mas, tapi ini memang benar-benar order yang berasal dari meja mas,” kata waiter tersebut. Merasa masih ada duit, mereka akhirnya menerima kejutan sayap ayam itu.

“Baik, American Favorite largenya untuk dibawa pulang ditunggu 10 menit lagi, terima kasih,” ujar waiter tersebut langsung meninggalkan Oddie dan Bokir.

“Lho lho mas mas, kita ngga pesan Pizzanya mas!” teriak Bokir.

Oddie dan Bokir makin dibuat resah. Uang yang mereka bawa hanya 50 ribu Rupiah. Itupun sudah termasuk uang recehan Bokir yang diselipin di tas bututnya. Mereka benar-benar sudah menunggu lama dan merasa ada yang salah. Belum lagi mereka dibingungkan dengan “kejutan” yang mereka peroleh dari waiter tersebut.

“Od, gawat, ini kita bayar pakai apaan?” tanya Bokir. Sebelum Oddie menjawab, waiter tersebut mengantar Pizza ukuran large ke meja mereka.

“Ini American Favorite largenya, terima kasih,” ujar waiter ramah.

“Mas, saya benar-benar ngga pesan ini Pizza. Jadi saya ngga mau bayar ini Pizza. Titik,” ujar Oddie.
Waiter tersebut hanya tersenyum dan berkata :

“Semua yang Anda pesan sudah dibayar oleh wanita yang diujung sana,” tunjuk waiter tersebut mengarah ke Luna dan geng-nya yang sedang tertawa melihat tingkah mereka. Oddie dan Bokir jadi salah tingkah. Luna kemudian menghampiri meja mereka.

“Cowook, sudah lama nunggunya?” sindir Luna.

“Ehem, emm, sebenernya….emm, kapan kalian tadi masuknya? Kok ngga keliahatan?” ujar Bokir terbata-bata.

“Hahahaha, Kir, Kir. Makanya jangan pacaran mulu ama Oddie, jadinya meleng kan, orang gue ama temen-temen uda dari tadi di dalem, cuman tadi emang sih kita lewat pintu belakang biar ga keliatan kalian, hahahaha. Udah, bawa sana tuh Pizza. Gue ngga ketemu siapa-siapa kok. Gue mau hangout ama temen-temen gue, daaaa,” pamit Luna yang kemudian diikutin geng-nya.

Oddie dan Bokir terduduk sejenak. Menahan rasa malu. Setelah beberapa menit, Oddie membuka Facebook Luna dan mendapati status Luna yang kembali single. Yang lebih mengejutkan lagi, dalam update status Luna yang terbaru berisi : ‘Senangnya bisa ngerjain dua cowok polos, maaf ya Oddie, Bokir, jangan lupa dimakan ya pizzanya.’

bersambung...

5 komentar:

  1. Wow! Panjang bener... Sep2!

    Layoutnya juga fresh, jadi bernuansa natal! Hehehe...^^

    Btw, enak ya, dikerjai tapi dapet pizza gede, aku ya mau... Worthed banget!! Hahahaha...^^

    BalasHapus
  2. buat warnetnya, kayanya ane tau inspirasi warnetnya.. xD

    BalasHapus
  3. berasa baca novel detektif nic...huahahaha

    paparazi FB (tersentil dikit nih)
    hayo tebak ini sp?? wkwkwkw

    BalasHapus
  4. @Eva Tarida : iya kak eva, aku berniat melanjutkan lagi, soalnya udah ga terlalu sibuk kuliah kayak semester-semester kemarin :D
    udah baca mulai chapter 1-nya kak? kalo chapter 3-nya rada maksa, hahahahahahahaha...

    @ Anonim : Siapakah gerangan dirimu, wahai pemuja rahasia? wkwkwkwk...

    BalasHapus