Selasa, 13 September 2011

Are You Lonely? (Chapter 4)

pic. by : Johansen Halim
Di zaman yang serba susah ini, mau beli apa-apa harus pakai uang. Uang didapat jika kita bekerja. Itu sudah kodrat manusia untuk bisa bertahan hidup. Oddie juga manusia yang harus bertahan hidup. Itulah sebabnya seorang Oddie Laksmono, siswa tampan dari SMA Pahlawan Bangsa, harus mencari kerja sambilan.

Siang itu, tepatnya pukul 14.00 seperti biasa Oddie pulang menggunakan motor bututnya. Selama perjalanan tiba-tiba Oddie teringat wejangan sang kakek yang sekarang tinggal di Bogor.

“Kamu itu ganteng Od. Sehat, gagah, tangguh, sama kayak almarhum Bapak kamu. Jadi jangan malu-maluin keluarga kamu ya, terutama Ibu kamu. Buat Ibu kamu bahagia,” ujar kakek di memori Oddie.

Itulah sebabnya tiap pulang sekolah Oddie langsung sibuk dengan profesinya sebagai penyiar radio di Soul FM. Kadang-kadang Bokir, Ruben, Septian dan Gori juga diajak ke Soul FM buat nemenin Oddie siaran.
Kebetulan hari itu Oddie akan siaran malam dan minta ditemani oleh keempat sohibnya.

“Gue ada urusan mendadak Od, tiba-tiba nyokap minta dianterin ke Barcelona,” ujar Gori.

Buset, nganterin nyokap ke Barcelona kayak nganterin nyokap ke Indomaret, kayaknya kalau pakai duit apa-apa jadi deket gitu. Berbeda lagi dengan Septian yang makin laris job bandnya.

“Waduh, sorry Od, ga bisa nemenin lu siaran nih, ntar siapa yang main gitar, masa kudu manggil bang Haji Rhoma Irama buat gantiin gue?” tukas Septian.

Ruben yang biasanya paling bisa kalau disuruh nemenin ke mana Oddie pergi kebetulan sekali harus mengisi pertunjukkan teater di tempat bokapnya kerja, dosen sastra di salah satu Universitas terbaik Indonesia.

“Bokir nih, gue yakin ga ada kerjaannya tuh anak,” gumam Oddie sambil menutup ponselnya yang sudah tidak beredar lagi di pasaran.

***

Pucuk di cinta, ulampun tiba. Bagaikan gayung bersambut. Bagaikan katak dalam tempurung. Ternyata Bokir memang benar-benar masuk ke dalam jutaan orang yang masih belum memiliki pekerjaan.

“Iya iya, tunggu bentar, abis gue kasih makan Eman, langsung gue ke tempat siaran lu,” ujar Bokir mengiyakan.

Eman adalah burung perkutut kesayangan Bokir. Dengan Eman, Bokir mencurahkan semua keluh kesahnya, terutama soal cintanya yang bertepuk sebelah tangan terhadap Luna. Pernah suatu hari Bokir berada pada fase sangat tergila-gila dengan Luna, dia bercakap-cakap dengan si Eman:
Bokir   : “Man, gue tau lu makhluk paling jujur di muka bumi ini dan gue percaya ama lu 100%. Benernya, Luna itu ada rasa ga sih ama gue?”
Eman   : *manggut-manggut makan kroto*
Bokir   : “Ya ya, gue salah tanya, kalau itu sudah pasti. Pertanyaannya gue ganti, kira-kira dia cinta ngga ama gue?”
Eman   : *manggut-manggut minum air*
Bokir   : “Cuma lu yang paling bener dan ngertiin gue man”

Sebagai tanda ucapan terima kasih, Bokir memonyongkan bibirnya di sangkar untuk berusaha mencium Eman. Alhasil, bibir Bokir jontor dipatok Eman. First kisspun telah terjadi.

***

SOUL FM pk 22.00

*backsound thriller*
“Let The Music Heal Your Soul, 104.8 FM. Selamat malam jiwa-jiwa yang gentayangan. Barengan Oddie dari jam 10 sampai 12 malem, Oddie bakal nemenin kalian di acara ‘Are You Lonely?’ Kisah-kisah mengerikan akan Oddie bawakan setelah satu lagu dari Astrid – Ratu Cahaya, OST Tusuk Jelangkung, Check this one out!
(disiarkan dengan nada mencekam)

“Dari dulu gue paling kagak demen suruh siaran yang beginian,” komat-kamit Oddie sambil memandangi komputer yang berisi SMS pendengar dan materi-materi cerita horror.

Oddie terpaksa harus menggantikan Jason yang menjadi penyiar tetap di program ‘Are You Lonely?’ lantaran Jason ada keperluan keluarga yang tidak bisa ditinggal.
Belum lagi, Soul FM di atas pukul sembilan malam hening tak bertuan, hanya ada Pak Kirno dan Ujang yang patroli 24 jam di lantai satu, sedangkan Oddie berada di lantai empat. Suasana semakin mencekam karena semakin banyak cerita-cerita misteri yang seperti mendekati nyata. Oddie cuma bisa minum seteguk setiap ada jeda.

Jam dinding menunjukkan pukul 11.15 malam. Bokir yang janji datang menemani Oddie siaran tidak kunjung datang. “Bokir, Bokir, Bokir, gue udah nyebutin nama lu tiga kali, dateng dong Kir,” rintih Oddie. Memang benar adanya, selain bisa memanggil mas Jelangkung mantera itu juga bisa datengin Bokir.

“Bokiiiiiirrr, akhirnyaaaaa.......!!” teriak Oddie saat menyambut Bokir yang masuk membuka pintu dengan tatapan kosong.

“Lu tau ga Kir, seumur hidup gue ngerasa butuh banget kehadiran lu ya baru kali ini,” ucap Oddie sambil ngelus-ngelus rambut Bokir.

Bokir yang biasanya paling doyan ngebales omongan resek Oddie hari itu hanya diam sejuta bahasa.

“Kir, lu kenapa? Dipatok Eman lagi bibir lu?” ledek Oddie.

Saat mendengar perkataan Oddie, kontan Bokir langsung mengubah ekspresi wajahnya. Matanya menyorot tajam ke arah Oddie. Bibirnya tertutup rapat. Aura yang dibangun begitu dingin dan menusuk hingga terasa ke tulang sum-sum Oddie.

“Iya iya, sorry, bercanda ah! Duduk dulu gih di depan gue. Bentar ya, gue on air dulu. Abis gue kasih 3 lagu, temenin gue ke pantry, gue bikinin lu kopi spesial khas Venezuela, ga pernah kan lu minum yang begituan,” sindir Oddie sambil memakai headphone yang masih tidak mendapat respon positif Bokir.

Merasa ada teman, siaran Oddie makin menjadi-jadi. Oddie jadi berani dan makin membangun suasana siaran menjadi seram. Karena terlalu seramnya, seorang pendengar yang iseng mengirimkan SMS yang berisi:

Salut banget sama Kak Oddie. Berani banget siaran horror sendirian. Pengen nanya nih Kak : Are You Lonely?

Saat membaca SMS tersebut melalui on air, Oddie hanya tersenyum kecil dan membalas pertanyaan pendengar tersebut dengan percaya diri :A black ghost in front of me,” ucap Oddie dengan nada mendesah, dihorror-horrorin. Setelah mengucapkan kalimat tersebut, Oddie menutupnya dengan lagu Zombie milik The Cranbarries.

***

Tepat pukul 00.00 dini hari, siaranpun akhirnya selesai. Oddie tertawa lepas dan menarik tangan Bokir untuk ke pantry. Sambil berjalan menuju pantry, Oddie merangkul bahu Bokir dan membuatkan Kopi khas Venezuela untuk sohibnya itu.

“Thank you sob. Ngga ada lu, gue ga mungkin berkutik siaran sendirian. Tapi pendengar banyak yang suka nih. Cuma yang terakhir aja tuh, resek banget SMS-nya, hahaha, sorry ya, gue cuman bercanda,” ujar Oddie sambil membuat kopi.

Aneh bin ajaib, Bokir membalasnya hanya dengan senyuman kecil kemudian menenggak Kopi Venezuela tersebut hingga ampasnya dalam satu kali teguk.

“Haus sob? Lu ke sini marathon ato estafet? Persiapan Sea Games lu?” tanya Oddie.

“Iya, biar nambah medali emas buat Indonesia,” jawab Bokir datar dengan tatapan kosong.

“Kayaknya lu lagi ga sehat deh bro. Sorry ya gue ngrepotin lu. Lu bawa motor kan? Apa mau gue tuntun sampe rumah lu? Ntar emak lu sedih kalo lu kenapa-napa,” ucap Oddie sambil megangin kening Bokir.

“Ga usah, gue bisa sendiri kok,” jawab Bokir yang masih diikuti dengan ekspresi dan nada yang sama.

“Udah ah, yuk kita pulang. Lu malah nakut-nakutin gue aja,” ajak Oddie.

Akhirnya mereka berdua saling berpamitan di parkiran motor, dan tidak lupa memberikan ucapan selamat tinggal untuk penjaga tercinta, Pak Kirno dan Ujang. Melihat Oddie dan Bokir berjalan membelakangi mereka, mereka saling bertatapan dan mengernyitkan dahi.

***

Pagi yang cerah di SMA Pahlawan Bangsa.

“Pagiii sooobbbb....!!!” sapa Oddie kepada Septian dan Ruben. Gori? Masih nemenin maminya ke Barcelona.

“Mana nih pahlawan gue, Bokir Sitohang. Tanpa kehadirannya, siaran gue ga bakal semulus itu meennn,” puji Oddie sambil celingak-celinguk nyariin Bokir.

“Terakhir gue SMS dia kayaknya dia sakit,” kata Ruben sambil masih memegang handphonenya.

“Waahh, gue udah feeling kemarin. Ga bisa gue diemin nih, dia udah berjasa banget nemenin gue. Pulang langsung kita besuk dia gimana?” ajak Oddie yang kemudian diikuti oleh anggukan kedua sohibnya tersebut.

Sebungkus pangsit mie ayam Mbok Jijah dan jus melon berada di genggaman Oddie. Setidaknya itu adalah harga yang harus dibayar Oddie karena telah membuat Bokir terkapar demam dan masuk angin. Sesampai di depan pintu kamar Bokir, Oddie mengetuk dan memanggil Bokir dengan nada dramatis bak drama serial Korea.

“Bokir sayaaangg. Kami boleh masuk ya?” teriak Oddie dari luar pintu.

“Masuk aja. Kagak dikunci,” balas Bokir dengan suara parau.

Tanpa basa-basi lagi Bokir menyambut kedatangan mereka denga antusias. Sangat antusias lantaran buah tangan dari kawan-kawannya sesuai dengan selera Bokir. Bokir menikmati makanan tersebut seperti orang yang sudah lama tidak menjumpai makanan. Lahap dan penuh kebuasan. Dalam bayangan Bokir, ketiga sobatnya itu tidak lain bagaikan tiga orang majus yang membawakan persembahan berharga di malam Natal. Di tengah-tengah nikmatnya Bokir menyantap makanannya, dia teringat perihal dirinya yang harus menemani Oddie siaran horror.

“Oh iya, sorry ya Od gue telat ngabarin lu kalo gue kemarin sakit,” ucap Bokir sambil menikmati hidangan tersebut.

“Ga masalah kali. Gue udah ngerasa sejak lu masuk di ruangan siaran, muke lu rada demek, datar banget,” ujar Oddie sambil tertawa.

“Hah? Ruang siaran?” tanya Bokir diikuti dengan kernyitan di dahi dengan mi yang masih menggantung di bibirnya.


FLASH BACK   

Akhirnya mereka berdua saling berpamitan di parkiran motor, dan tidak lupa memberikan ucapan selamat tinggal untuk penjaga tercinta, Pak Kirno dan Ujang. Melihat Oddie dan Bokir berjalan membelakangi mereka, mereka saling bertatapan dan mengernyitkan dahi.
Kemudian Pak Kirno dengan nada heran bertanya ke Ujang:

“Memang tadi ada orang masuk ya jang? Lu liat?” heran Pak Kirno.

“Makanya ntu, kagak ada yang masuk dari tadi,” jawab Ujang sambil berlari kembali ke pos penjagaan.


BACK TO KAMAR BOKIR

“Od, Od, sadar Od, sadar, bangun Od...” teriak Septian, Ruben, dan Bokir bergantian membangunkan Oddie dari pingsannya.


4 komentar:

  1. huahahahahhahha......
    kayaknya familiar... xD

    BalasHapus
  2. Seram tp mesti tetep dibalut komedi, kalo ngga gt jd blog cerita horror, hehehe...

    mex : bagian mana nih yg familiar? hehehe... banyak kok mestinya :)

    BalasHapus
  3. Wah wah wah, ceritane medeniiii...
    Kon dewe wedian, ati2 lo nggawe ngenan, ntik moro2 aku dateng nang omahmu, aq yo diem, dadakno iku....

    BalasHapus